KETENTUAN DAN ALUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR FAKULTAS DAKWAH IDIA PRENDUAN

KETENTUAN DAN ALUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR FAKULTAS DAKWAH IDIA PRENDUAN

 

Skripsi merupakan karya ilmiah yang memuat rancangan penelitian yang diajukan dalam rangka penulisan skripsi. Sedangkan ujian Proposal adalah suatu forum pelaksanaan ujian proposal skripsi yang telah disusun rapi oleh  mahasiswa/i dan telah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing tugas akhir untuk diuji dan dipertanggungjawabkan dihadapan para dewan penguji yang diberi amanah untuk memberikan penilaian atas proposal skripsi mahasiswa/i. Beberapa ketentuan dan alur ujian proposal skripsi di Fakultas Dakwah IDIA Prenduan adalah sebagai berikut:

A. PERSYARATAN ADMINSTRASI

  1. Menyerahkan Fotocopy sertifikat ORDIPA (semua program) dengan menunjukkan yang asli.
  2. Menyerahkan Fotocopy sertifikat PKM (khusus intensif). Dengan menunjukkan yang asli.
  3. Menyerahkan Formulir Pendaftaran seminar proposal Tugas Akhir/ formulir A1
  4. Menyerahkan Formulir seminar 1/ formulir A2 (wajib Mengikuti kegiatan sampai selesai) atau bisa menggunakan sertifikat yang di keluarkan oleh Fakultas Dakwah bisa diunduh disini
  5. Menyerahkan Fotocopy persetujuan proposal oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir/ formulir A3
  6. Menyerahkan Fotocopy Bukti lolos cek plagiarisme, dengan batas toleransi 30% (perpustakaan IDIA Prenduan)
  7. Melampirkan Fotocopy bukti pembayaran tahap I dan II yang disahkan oleh Bag. Pembayaran.
  8. Cetak transkrip sementara bisa di download di SIMASTER

B. PENDAFTARAN SEMINAR PROPOSAL

  1. Lulus Administrasi poin A no. 1 s/d 8.
  2. Bukti telah melaksanakan perfotoan nihai dan telah melengkapi persyaratan administratif (Kabag Kemahasiswaan/Bag. Pembayaran)
  3. Menyerahkan 4 eksemplar proposal ukuran normal  (1 eks. diarsipkan di Prodi. 2 eks. diserahkan kepada penguji oleh mahasiswa. 1 eks. untuk mahasiswa/i)
  4. Menyerahkan Fotokopi lembar bimbingan yang dilegalisasi dengan stempel oleh Prodi.
  5. Proposal ukuran booklet (dibawa pada saat pelaksanaan ujian proposal skripsi, dibuat sesuai jumlah peserta ujian)

Keterangan :

  1. Semua berkas dimasukkan dalam amplop plastik warna MERAH
  2. Semua formulir pendaftaran ujian proposal (Fom A1,A2 & A3) unduh disini
  3. Semua berkas diserahkan ke bag. Administrasi Fakultas Dakwah

C. PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSI

    1. Melakukan pendaftaran di Bag. Administrasi Fakultas Dakwah dengan membawa persyaratan tersebut (poin A dan B)
    2. Ketua Prodi menjadwal sidang Proposal Tugas Akhir diakses di website resmi Fakultas Dakwah http://dakwah.idia.ac.id/
    3. Administrasi Fakultas Dakwah menyediakan Form A4, A5 dan A6 untuk diserahkan ke penguji pada hari pelaksanaan.
    4. Mengikuti serangkaian kegiatan Ujian Proposal Tugas Akhir dengan tertib. Adapun teknis pelaksanaannya bisa unduh disini dan kisi-kisi PPT yang harus dipersiapkan untuk Seminar Proposal Tugas Akhir bisa dilihat disini.
    5. Melakukan revisi sesuai catatan para penguji (Penguji I dan Penguji II).
    6. Batas akhir pengumpulan revisi Proposal Tugas akhir 1 minggu setelah pelaksanaan sidang Proposal Tugas Akhir di kantor Fakultas Dakwah.

D. PERSYARATAN PENDAFTARAN MUNAQOSYAH SKRIPSI

Adapun persyaratan Munaqosyah Skripsi sebagai berikut:

  1. Menyerahkan fotocopy Sertifikat Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dengan menunjukkan aslinya kepada Bag. Administrasi Fakultas Dakwah.
  2. Surat catatan revisi proposal yang sudah ditandatangani penguji/formulir A6
  3. Formulir pendaftaran Munaqosyah Skripsi/Formulir B1
  4. Formulir Seminar 2/Formulir B2 (wajib mengikuti sampai selesai)
  5. Persetujuan mengikuti Munaqasyah Tugas Akhir oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir/Formulir B3
  6. Bukti lolos Cek Plagiarisme dengan ketentuan sesuai dengan Pedoman Penyusunan Skripsi (Perpustakaan IDIA Prenduan)
  7. Menyerahkan 4 Eksemplar Skripsi ukuran normal (3 Eks. diserahkan kepada penguji dan 1 Eks. Untuk mahasiswa)
  8. Skripsi ukuran booklet (dibawa pada saat pelaksanaan ujian Munaqosyah Skripsi, sesuai jumlah peserta)
  9. Fotocopi buku bimbingan Tugas Akhir yang dilegalisasi dengan stempel Prodi.
  10. Melampirkan surat Rekomendasi bebas tunggakan yang asli dari pembayaran (bebas tunggakan keuangan, lunas tahap 1 s/d 4, dll)
  11. Melampirkan transkrip nilai sementara (bebas tunggakan nilai).
  12. Semua berkas dikumpulkan ke Bagian Administrasi Fakultas Dakwah (semua berkas dimasukkan kedalam Amplop plastik warna MERAH)

Seluruh formulir pendaftaran Munaqosyah (Form B1, B2 dan B3) unduh di sini

E. PELAKSANAAN MUNAQOSYAH TUGAS AKHIR

  1. Melakukan pendaftaran di Bag. Administrasi Fakultas Dakwah dengan membawa semua persyaratan tersebut (poin D)
  2. Ketua Prodi menjadwal bisa diakses di laman website resmi Fakultas Dakwah http://dakwah.idia.ac.id/
  3. Administrasi Fakultas Dakwah menyediakan Form B4, B5 dan B6 untuk diserahkan ke penguji pada hari pelaksanaan.
  4. Mengikuti serangkaian kegiatan Sidang Munaqosyah Tugas Akhir dengan tertib. Adapun teknis pelaksanaannya bisa unduh disini dan kisi-kisi PPT yang harus dipersiapkan untuk Sidang Munaqosyah Skripsi bisa dilihat disini.
  5. Melakukan revisi sesuai catatan para penguji.
  6. Batas akhir pengumpulan revisi munaqosyah tugas akhir, 1 minggu setelah pelaksanaan munaqosyah Tugas Akhir di kantor Fakultas Dakwah.
  7. Penguji merekap semua nilai ujian sebelum diserahkan ke bagian Administrasi Fakultas Dakwah

F. PENGUMPULAN NASKAH SKRIPSI

 Menyerahkan surat catatan revisi Munaqosyah Skripsi yang sudah ditandatangani penguji (Formulir B6)

  1. Menyerahkan 4 Eksamplar Skripsi yang ditandatangi penguji, disahkan oleh Dekan Fakultas Dakwah tanpa sampul (Fakultas, mahasiswa, perpustakaan, LP2M).
  2. Melampirkan lembar pernyataan keaslian yang bermaterai 10.000. (buat sendiri)
  3. Melampirkan Pernyataan Publikasi Ilmiah bermaterai 10.000. (buat sendiri)
  4. Mengupload soft file skripsi dan konversi jurnal/buku pada link berikut https://bit.ly/pengumpulanijazah22-23
    1. Bagian awal (halaman sampul, halaman judul, halaman persetujuan pembimbing, halaman pengesahan dengan stempel Fakultas, pernyatan keaslian bermaterai, penyataan publikasi yang bermaterai, halaman persembahan, halaman motto, kata pengantar, daftar isi dan abstrak) semua di scan dengan format pdf
    2. BAB I
    3. BAB II
    4. BAB III
    5. BAB IV
    6. BAB V
    7. Daftar pustaka
    8. Lampiran-lampiran
    9. File konversi ke jurnal / Buku

(Point “4.1-9” disimpan secara terpisah dengan format pdf dan word kecuali point “a” disave dengan format PDF)

G. PENDAFTARAN YUDISIUM DAN WISUDA

  1.  Sudah menyerahkan dan menguploud file skripsi sesuai dengan ketentuan diatas (poin F).
  2. Menyerahkan Formulir keabsahan judul Tugas Akhir bisa diunduh disini
  3. Menyerahkan Formulir Pendaftaran Yudisium, wisuda dan pendataan alumni bisa diunduh disini
  4. Melampirkan surat rekomendasi bebas tunggakan keuangan dari pembayaran dan tahap I sampai V yang disahkan oleh pihak pembayaran IDIA Prenduan. (asli)
  5. Menyerahkan Formulir pendaftaran Yudisium dan wisuda dengan Toga ke BAUK/Pembayaran.
  6. Selesai

Related posts

Leave a Comment